Hari ini kita akan berbicara tentang beberapa mitos seputar penggunaan retinoid dan kita akan mematahkannya!

Jika Anda senang mendengar tentang ilmu di balik produk perawatan kulit, maka silakan beri bookmark ulasan website ini. Apa itu asam retinoat?

Retinol adalah bahan yang bekerja seperti vitamin A dan C. Retinol memiliki banyak kegunaan yang berbeda, termasuk membantu kondisi kulit seperti jerawat dan keriput, dan membantu mengatasi bintik-bintik penuaan.

Retinoid tidak akan menyebabkan kulit Anda menjadi lebih tipis; namun, retinoid akan membantu menjaga kulit Anda terlihat lebih tebal.

Mereka menebalkan lapisan kulit terluar, yang disebut lapisan “hidup”, sehingga lapisan dermal dan lapisan epidermis di atasnya (lapisan “mati”) menjadi lebih tebal, tetapi mereka menipiskan atau menekan lapisan atas sel-sel mati,

Pada model kulit handi saya, lapisan epidermis akan lebih tebal karena akan menghasilkan lapisan sel baru. Retinol akan menyebabkan lapisan epidermis tumbuh dengan meningkatkan tingkat proliferasinya. Retinol juga akan meningkatkan produksi GAGs.

Humektan adalah molekul panjang yang mengandung gula yang dapat menahan banyak kelembapan. Humektan ini seperti agen pelembab di dalam tubuh Anda.

Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki penampilan garis-garis halus dan kerutan adalah melalui retinol. Bahan ini bekerja dengan meningkatkan pergantian sel dan merangsang pertumbuhan kolagen baru. Selain itu, membantu mengurangi peradangan dan kemerahan di sekitar mata.

Stratum korneum melindungi lapisan hidup tubuh Anda dari kerusakan dengan menjaganya tetap lembab. Jika menjadi terlalu tipis, ini dapat menyebabkan kulit sensitif.

Retinol tidak benar-benar terpengaruh oleh sinar matahari karena tidak mengandung kromofor (molekul yang menyerap radiasi UV). Namun, beberapa retinol yang lebih baru tidak terpengaruh oleh sinar matahari, termasuk adapalene dan Tazorac.

Tretinoin tidak sensitif terhadap cahaya sehingga Anda dapat mengaplikasikannya di siang hari dan mereka mengatakan ini di kotaknya. Tretinoins umumnya sensitif terhadap cahaya tetapi mereka dapat dibuat sehingga tidak sensitif. Micronized Tretinoins misalnya, adalah foto stabil yang berarti bahwa mereka tidak sensitif terhadap paparan cahaya sehingga mereka tidak akan rusak dalam cahaya. Retinol umumnya tidak stabil sehingga terurai dalam cahaya, yang berarti Anda harus menggunakannya di malam hari. Jika Anda tidak yakin apakah produk asam retinoat khusus Anda stabil terhadap cahaya, periksa kemasannya dan ikuti petunjuknya.

“Jika Anda tidak segera melihat hasil dari penggunaan retinoid Anda, maka Anda tidak boleh menggunakannya.” Ini tidak benar untuk produk perawatan kulit apa pun secara umum, dan terutama tidak benar untuk asam retinoat (retinol).

Retinol bekerja dalam jangka panjang tidak seperti bahan lainnya, jadi jika Anda tidak melihat adanya perubahan setelah beberapa minggu maka mungkin Anda perlu menggunakannya untuk jangka waktu yang lebih lama.

Namun, tidak ada jaminan ketika menggunakan produk retinol. Beberapa wanita mungkin melihat kulit mereka membaik dengan cepat, tetapi yang lain mungkin tidak melihat perubahan sama sekali.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Misalnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan produk retinol mungkin tidak mengalami manfaat sama sekali. Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan produk retinol untuk jangka waktu yang lama sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Ini adalah perubahan paling minimum yang terjadi ketika menggunakan produk serum retinol terbaik. Perubahan ini biasanya muncul dalam waktu dua minggu penggunaan. Namun demikian, sebagian orang mungkin tidak melihat perbaikan yang terlihat sampai setelah beberapa bulan penggunaan.

Satu studi menemukan bahwa 5% peserta mengalami perbaikan setelah hanya 2 minggu menggunakan tretinoin. Sekitar 50% peserta menunjukkan perbaikan setelah 4 bulan, dan hampir semua orang membaik pada akhir tahun.

Krim retinoid tidak menyebabkan keriput; tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa krim ini menyebabkan keriput. Keriput muncul ketika kolagen rusak, yang terjadi bertahun-tahun sebelum kita melihat keriput. Jadi jika Anda ingin mencegah keriput, Anda perlu merawat tubuh Anda dari perspektif anti-inflamasi. Anda dapat melakukannya dengan makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, tidur nyenyak, dan mengonsumsi suplemen.

Retinol juga digunakan untuk tujuan lain selain hanya anti-penuaan. Retinol bermanfaat untuk mengurangi jerawat dan membantu dengan keseluruhan warna kulit Anda.

Anda tidak akan pernah kehabisan sel baru karena tubuh Anda terus-menerus memperbarui dirinya sendiri. Tubuh Anda terdiri atas triliunan sel, masing-masing mampu membelah menjadi dua sel baru setiap hari. Setiap sel mengandung DNA, materi genetik yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan. Ketika sel membelah diri, sel akan meneruskan separuh DNA-nya ke setiap sel baru, sehingga sel tersebut dapat terus tumbuh dan berkembang. Untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat, Anda perlu mengganti sel-sel mati ini dengan yang baru. Itulah mengapa kita memiliki tingkat pergantian yang tinggi.

Ini cukup jauh di luar sana. Sebuah uji klinis independen baru-baru ini telah menunjukkan bahwa menerapkan 0,5 persen retinol (vitamin A) seminggu sekali selama 12 minggu dapat memperbaiki keriput hingga 50%.

Setelah penelitian selesai, mereka menemukan bahwa bakuchiol dan vitamin C mengurangi garis-garis halus dan bintik-bintik hitam dalam jumlah yang sama, namun, orang-orang yang menggunakan bakuchiol memiliki lebih sedikit iritasi kulit daripada mereka yang menggunakan vitamin C.

Alasan mengapa orang berpikir bahwa bakuchioil termasuk dalam pembicaraan tentang asam retinoat adalah karena bakuchioil harus diminum dua kali sehari sedangkan asam retinoat diminum sekali sehari. Namun, tidak ada bukti nyata bahwa bakuchioil bekerja lebih baik daripada asam retinoat. Hanya saja bakuchioi lebih murah sehingga orang cenderung lebih suka menggunakannya daripada asam retinoat.

Ada banyak penelitian tentang tretinoin (retinoid yang kuat dan diresepkan), tetapi tidak begitu banyak pada krim retinoid lainnya.

Tapi tidak perlu khawatir tentang mitos-mitos itu lagi karena saya di sini untuk memberi tahu Anda apa arti sebenarnya. Ini adalah mitos-mitos teratas tentang Retin A. Jika Anda memiliki mitos lain yang membuat Anda penasaran, tinggalkan di bagian komentar di bawah ini. Anda juga dapat membaca tentang cara mulai memperkenalkan Retin A secara bertahap.

Anda juga membutuhkan sikat scrubbing yang bagus dan pelembab berbahan dasar minyak.

Recommended Posts